Minggu, 20 Januari 2013

MBLAQ

MBLAQ
Nama asli : Music Boys Live in Absolute Quality
Tahun terbentuk : 2009
Asal group : Korea Selatan
Terkenal sejak merilis single "Just BLAQ" (2009)

  MBLAQ adalah singkatan dari Music Boys Live in Absolute Quality. Boyband asal Korea Selatan yang bernaung di label rekaman J.Tune Entertainment ini memiliki lima personil, yaitu Seungho (Yang Seung Ho), Joon (Lee Chang Sun), Thunder (Park Sang Hyun) dan Mir (Bang Cheol Yong). Sebelum memperkenalkan diri pada tahun 2009, boyband yang pernah satu kali mengalami pergantian personil ini sudah ditraining selama dua tahun.

MBLAQ muncul pertama kali di majalah Nylon September 2009. Mereka tampil perdana di konser Rain, "Legend of Rainism Concert", tahun 2009 dengan membawakan single "Just BLAQ". Lagu yang ada di single "Just BLAQ" itu mendapat sambutan hangat dan berhasil menempati puncak chart musik Korea.

Tahun 2010, MBLAQ merilis mini album "Y" dengan lagu andalan ciptaan Rain, "Y". Mereka juga sukses meraih predikat "Best Rookie Group" di tahun yang sama. Di tahun kedua perjalanan karirnya, MBLAQ merilis album studio pertama, "BLAQ Style" (2011). Album yang mengusung single "Cry" dan "Stay" ini dirilis ulang sebulan setelah perilisan pertama dengan judul baru, "BLAQ Style 3D". Penjualan kedua album tersebut mencapai angka 250 ribu copy. Berkat itu, MBLAQ berhasil menyabet beberapa penghargaan, diantaranya "Disk Bonsang" di Golden Disk Awards 2011 dan "Idol Music Grand Award" di 19th Korean Cultural Entertainment Awards 2011.

Masih di tahun yang sama, MBLAQ merilis mini album kedua bertajuk "Mona Lisa" (2011). Sebelum album ini resmi dirilis, salah satu personil, Kim Sang Bae, memutuskan untuk hengkang dari grup karena kondisi kesehatan yang tidak mendukung. Sangbae, yang mengundurkan diri, segera digantikan oleh Thunder yang masuk tak lama setelahnya.

Tahun 2012, MBLAQ hadir dengan mini album ketiga, Ver.". Mini album ini mengusung single utama "This Is War". Di mini album ini para personil MBLAQ tampil dengan gaya rambut yang berbeda.

Para personil MBLAQ juga kerap berpartisipasi di beberapa acara televisi Korea, baik secara grup maupun secara personal. Thunder hadir di reality show "Imagination Arcade" (2011), sedangkan Joon menjadi salah satu siswa di reality show "Oh! My School" (2011). MBLAQ sendiri telah membintangi reality show "MBLAQ's Hello Baby Season 5" di tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar